widgets

laman html

Rabu, 15 April 2015

7 Hasil Pertanian Indonesia Dengan Kualitas Terbaik Dunia

Indonesia memang sangat kaya akan hasil buminya, terutama di sektor pertanian dan perkebunan yang begitu melimpah ruah. Dari sekian banyak hasil bumi asli Indonesia, ada beberapa yang menjadi hasil pertanian dengan kualitas terbaik di dunia.
Inilah beberapa hasil pertanian/perkebunan tersebut diantaranya adalah:

1. Kayu Manis

kayu manis
Saya baru tahu ternyata kayu manis Indonesia adalah kualitas yang terbaik di dunia. Khususnya kayu manis dari tanah Kerinci, Sumatera. Pohon kayu manis tumbuh begitu saja di kebun, dan semakin tua pohonnya, kulit kayu manisnya semakin berkualitas.

2. Teh

teh
Teh Indonesia ternyata juga memiliki kualitas terbaik di dunia, tidak kalah baiknya dengan teh asal Sri Lanka. Bahkan Ratu Elizabeth II dari Inggris saja konsumsi dari tanah Kerinci. Sayang, branding teh Indonesia kalah oleh teh dari Sri Lanka. Padahal suatu merk teh terkenal dari Inggris, sumber tehnya dari Indonesia.
3. Kopi
kopi
Kopi Indonesia termasuk kopi luwak memiliki kualitas yang tak kalah baiknya dengan negara-negara lain bahkan kopi dari Indonesia adalah yang terbaik. Kopi Indonesia bercirikan rasa yang mantap, legit, dengan nuansa kacang-kacangan (kopi papua), aroma jeruk (kopi Bali), ada yang sedikit berasa jambu merah. Sekarang ini pengusaha muda Indonesia sudah mulai mengembangkan kopi Indonesia untuk usaha kafe-kafenya. Kopi Indonesia banyak di ekspor ke luar negeri, dari petani dalam bentuk green bean, kemudian di sangrai atau dipanggang (roasted), dikemas, kemudian diekspor. Kebutuhan kopi ini sangat tinggi di Eropa maupun Amerika.

4. Kakao

kakao
Indonesia penghasil kakao terbesar ketiga di dunia. Sayang, kebanyakan diekspor, dan balik ke Indonesia dalam bentuk jadinya, coklat yang nikmat. Sekarang ini, beberapa pengusaha Indonesia juga mengembangkan coklat khas Indonesia sendiri, dengan kualitas setara coklat Belgia. Memakai tenaga ahli dari Belgia juga. 

5. Sirsak

sirsak
Sirsak Indonesia sangat dicari oleh dunia, terutama di Amerika Serikat dan Kanada. Menurut mereka, sirsak Indonesia kualitasnya terbaik di dunia, dengan rasa yang enak. Sirsak merupakan buah yang memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak, diantaranya adalah untuk mencegah penyakit kanker. 

6. Jambu Merah
jambu merah
Jambu merah Indonesia juga merupakan yang terbaik di dunia. Khasiatnya juga sangat banyak bagi kesehatan. Sayang, walaupun permintaan tinggi, tetapi banyak eksportir buah-buahan di Indonesia yang gulung tikar. Karena menyangkut tingginya biaya transportasi (hingga 60% dari omzet; perusahaan besar, MNC, bagaimana pengusaha lokal juga bisa jadi eksportir)? dan masalah penyediaan gudang. Ini yang menyebabkan buah Indonesia kalah bersaing dengan vietnam dan thailand.

7. Manggis


manggis

Manggis semakin diminati di negara-negara lain. Seperti di Selandia Baru, Australia, Hongkong, China. Malah sekarang kulit manggisnya pun dibuat menjadi obat. Pada tahun 2007, manggis sempat menjadi primadona ekspor Indonesia karena tingginya permintaan dari negara lain. Manggis Indonesia dianggap memiliki kualitas dan rasa yang lebih enak dibandingkan manggis dari Thailand.
Itulah ke-tujuh hasil pertanian indonesia yang kualitasnya terbaik di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat buat pembaca. Terima Kasih.

Sumber: http://artikel.okeschool.com/artikel/pertanian-perkebunan/649/7-hasil-pertanian indonesia-dengan-kualitas-terbaik-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar